BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Minggu, 27 November 2011

Hal Unik tentang Rasulullah SAW.


1.       Panji Rasulullah
Rasulullah memiliki dua panji. Menurut Ibn Umar, panji Rasulullah berwarna hitam persegi kecil dan berwarna putih persegi besar. Panji putih ini dikibarkan ketika Rasulullah bersama para sahabat menaklukan kota Makkah.
2.       Jubah Rasulullah
Semasa hidup. Rasulullah memberikan jubahnya yang berwarna hijau kepada seorang Badui. Sepeninggal Beliau, jubah itu dibeli oleh Muawiyah. Dia menggunakan jubah itu di setiap khutbah Jum’at. Pada masa selanjutnya jubah itu hanya dipakai pada upacara pelantikan Khalifah. Akhirnya, jubah itu sobek paa masa akhir Dinasti Umayyah (132 H/750 M)
3.       Unta Rasulullah
Rasulullah memiliki unta putih yang diberi nama Qaswah. Unta itulah yang mengantar Rasulullah melakukan perjalanan hijarah dari Kota Makkah ke Kota Madinah.
4.       Keledai Rasulullah
Rasulullah memiliki keledai yang diberi nama Duldul. Keledai masih hidup sampai pemerintahan Khalifah Muawiyah bin Abu Sufyan pada Dinasti Umayyah (41-60 H/661-680 M)
5.       Sandal Rasulullah
Abdullah bin Abbas menyimpan sandal ini sampai 110 H.
6.       Cincin Rasulullah
Cincin ini hilang karena jatuh ke dalam sumur oleh Utsman pada tahun 650 H. Setelah dicari, cincin tidak dapat ditemukan. Akhirnya sumur itu ditutup agar cincin tersebut tidak jatuh ke tangan orang lain.
7.       Gigi Rasulullah
Pada perang Uhud, Rasulullah menderita luka-luka dan sebuah giginya tanggal. Menurut beberapa ahli sejarah, gigi tersebut masih disimpan di Museum Turki sampai abad ke-19. Gigi itu diperlihatkan kepada masyarakat hanya pada saat-saat tertentu.
8.       Seprai dan Bantal Rasulullah
Ibnu Mas’ud adalah salah seorang sahabat setia Rasulullah. Sepeninggal Rasulullah, Ibnu Mas’ud membawa seprai dan bantal Rasulullah. Sebelum meninggal, Ibnu Mas’ud memberikan barang-barang itu kepada Zubair.
9.       Tempat kelahiran Rasulullah
Hingga kini, di salah satu sudut Kota Makkah, masih berdiri rumah tempat Rasulullah dilahirkan. Pada masa Rasulullah hidup, rumah ini diberikan kepada Aqil bin Abi Thalib. Pada masa Dinasti Abbasiyah (132-923 H/750-1517 M), rumah ini dijadikan musala oeh Ibunda Khalifah Harun Al=Rasyid. Sekarang rumah ini dijadikan perpustakaan.

0 komentar: